PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LA FAME SHOP
Abstract
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LA FAME SHOP
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel
Customer Relationship Management (X) terhadap variabel Loyalitas Pelanggan
(Y) pada La Fame Shop. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen La Fame
Shop yang melakukan pembelian minimal 2 kali. Sampel pada penelitian ini
berjumalah 68 responden dengan menggunakan metode slovin.
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Continuity Marketing (x1),
One-to-one Marketing (x2), Partnering Program (x3) sebagai variabel bebas dan
Loyalitas Pelanggan (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu lewat penyebaran kuesioner, lalu hasilnya diteliti dengan
menggunakan alat SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
Customer Relationship Management (X) berpengaruh signifikan parsial terhadap
variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Nilai Koefisien determinasi sebesar 72,4% yang
berarti variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 72,4%,
sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lan yang tidak digunakan dalam
penelitian ini