ANALISIS BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIE SUSU PADA PIE & CO
Abstract
ANALISIS BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIE SUSU PADA PIE & CO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis bauran pemasaran 7P terhadap
keputusan pembelian pie susu pada Pie & Co. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah para konsumen dari Pie & Co, dengan sampel sebanyak 50
orang yang sudah pernah melakukan pembelian di Pie & Co. Metode
pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah
kuesioner secara tertutup dengan teknik skala Likert 1-4. Penelitian ini
menggunakan tujuh buah variabel independen (X), yaitu: Produk, Harga, Tempat,
Promosi, Orang, Bukti Fisik, dan Proses. Sedangkan variabel Keputusan
Pembelian di gunakan sebagai variabel dependen (Y). Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan
bantuan program IBM SPSS 20 for Windows. Hasil analisis penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa variabel tempat, bukti fisik, dan proses tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian pie susu pada Pie & Co, dan
untuk variabel produk, harga, promosi, dan orang berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian pie susu pada Pie & Co. Selain itu, bauran
pemasaran yang diwakili oleh variabel produk, harga, tempat, promosi, orang,
bukti fisik, dan proses secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
pie susu pada Pie & Co. Hasil penelitian ini telah menunjukkan besarnya peran
bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian pie susu pada Pie & Co.