PENGEMBANGAN BISNIS BABANANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALIDATED LEARNING DARI KONSEP LEAN STARTUP
Abstract
PENGEMBANGAN BISNIS BABANANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALIDATED LEARNING DARI KONSEP LEAN STARTUP
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan
startup Babanana dengan metode Validated Learning dari konsep Lean Startup.
Penetapan informan digunakan dengan menggunakan teknik purposive sampling
dimana penentuan narasumber harus sesuai dengan kriteria yang relevan.
Narasumber yang diterapkan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah
mencoba atau membeli produk Babanana minimal satu kali, sedangkan
narasumber yang di wawancara adalah tujuh orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan teknik wawancara, maka dapat
disimpulkan hasil penelitian ini yaitu konsumen Babanana menginginkan produk
dengan rasa yang enak, tekstur yang renyah, serta memiliki ketahanan produk
yang lama. Sedangkan dari segi harga, harga yang diberikan harus sesuai dengan
produk yang diberikan. Selain itu, packaging yang menarik dan pelayanan yang
ramah juga sangat penting bagi konsumen.
