PENGANGKATAN “WAJIK KLETIK” SEBAGAI SARANA CITY BRANDING KOTA BLITAR
Abstract
PENGANGKATAN WAJIK KLETHIK SEBAGAI SARANA CITY BRANDING KOTA BLITAR
Industri pariwisata merupakan salah satu faktor utama pertumbuhan ekonomi
masyarakat. Wisata kuliner dapat dijadikan sebagai jawaban untuk tren konsumsi
baru di bidang pariwisata. Maka dari itu dibutuhkan cara yang efektif untuk
mengenalkan produk kuliner kepada masyarakat yang kemudian dapat dijadikan
sebagai sarana city branding dari sebuah kota tersebut. Kota Blitar memiliki
tingkat wisatawan yang terus bertambah setiap tahunnya, tetapi hal itu tidak
sejurus dengan yang terjadi pada Wajik Klethik yang bukan merupakan komoditas
andalan dari Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara
mengangkat Wajik Klethik sebagai sarana city branding dari Kota Blitar. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan
melakukan wawancara terbuka semi-terstruktur, obyek penelitian dari penelitian
ini adalah dua orang yang berhubungan dengan pariwisata di Kota Blitar dan satu
orang dari Perusahaan Wajik Klethik “Ibu Prajitno.” Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Wajik Klethik belum siap tetapi berpotensi untuk menjadi
city branding dari Kota Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara
dengan informan dan dapat ditarik beberapa kesimpulan berupa cara untuk
menjadi Wajik Klethik sebagai city branding Kota Blitar yaitu dengan cara
membuat wisata edukasi kepada masyrakat mengenai Wajik Klethik dan lebih
terbuka untuk mengikuti acara-acara yang diadakan oleh pemerintah.
