STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA KEDAI KOPI ES TAK KIE DI GANG GLORIA GLODOK JAKARTA BARAT
Abstract
STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA KEDAI KOPI ES TAK KIE DI GANG GLORIA GLODOK JAKARTA BARAT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keberlangsungan usaha Kedai
Kopi Es Tak Kie di Gang Gloria Glodok Jakarta Barat. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan interview, observasi
lapangan dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini ialah pemilik dan
konsumen Kedai Kopi Es Tak Kie. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,
pengorganisasian data dan interpretasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bagaimana strategi produksi dan pemasaran Kedai Kopi Es Tak Kie untuk
mempertahankan keberlangsungan usahanya. Strategi produksi Kedai Kopi Es
Tak Kie ialah menjaga kualitas bahan baku dan produk yang dihasilkan serta
menghemat biaya dengan menggunakan teknologi sederhana, memiliki bangunan
dan anggota keluarga membantu sebagai sumber daya manusia. Strategi
pemasaran Kedai Kopi Es Tak Kie ialah mempertahankan ciri khas vintage,
memenuhi kebutuhan dan minat konsumen, menyediakan produk berkualitas baik
serta layanan yang ramah, terbuka, fleksibel dan cepat. Strategi-strategi ini
berhasil karena membantu Kedai Kopi Es Tak Kie mempertahankan nama
baiknya sebagai Kedai Kopi Es Tak Kie yang legendaris dan kepuasan konsumen.
Sehingga konsumen dengan sendirinya ingin melakukan promosi melalui word of
mouth.