PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK PRODUK AROMATERAPI FRAISE
Abstract
“PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK PRODUK AROMATERAPI FRAISE "
Perancangan ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang sebuah brand
campaign dan beberapa media promosi secara online maupun offline untuk
mempromosikan produk aromaterapi Fraise. Brand campaign yang diadakan
oleh Fraise dalam kurun waktu 6 bulan ini bertemakan “Experience The Nature’s
Gift” dengan hashtag #BackToNature yang bertujuan untuk memperkenalkan dan
meningkatkan brand awareness masyarakat mengenai produk Aromatherapy
Balm dari Fraise yang masih tergolong start-up brand di Surabaya dan belum
banyak dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, brand campaign ini juga
bertujuan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan oleh Fraise
kepada para target audience, yakni mengajak mereka untuk kembali
menggunakan produk berbahan dasar alami yang sebenarnya tidak kalah
manfaatnya jika dibandingkan dengan produk berbahan dasar kimia. Target
audience yang dituju oleh Fraise yaitu para wanita produktif berusia sekitar 23
hingga 35 tahun yang kesehariannya memiliki rutinitas padat dan tidak
mempunyai waktu luang untuk melakukan relaksasi. Metode penelitian yang
digunakan untuk perancangan brand campaign ini yakni dengan melakukan
wawancara secara kualitatif kepada beberapa narasumber expert dan extreme
user, penggalian data melalui berbagai sumber buku dan jurnal, serta uji coba
kelompok kecil terhadap para target audience untuk mengetahui tanggapan dan
pendapat mereka terhadap brand campaign dan media promosi yang dibuat oleh
Fraise. Hasil rancangan yang didapatkan oleh Fraise melalui brand campaign ini
yaitu respon yang cukup positif dan antusiasme tinggi dari para target audience
terhadap produk Aromatherapy Balm Fraise. Selain itu, hasil data yang
didapatkan juga menunjukkan bahwa hampir semuanya berpendapat mengenai
pesan dari brand campaign Fraise dapat tersampaikan dengan baik kepada para
target audience yang dituju