PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI UNTUK PRODUK STRING ART KATON SOCO
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap peningkatan
kualitas produk string art dengan melalui pendekatan desain Brand Innovations dengan
keberadaan bisnis Katon Soco. Katon Soco adalah bisnis yang bergerak dibidang art
and craft yang produknya fokus pada string art dengan beberapa inovasi yang
disesuaikan dengan selera calon customer pada zaman sekarang. Serta memiliki
konsep desain yang modern agar mudah diterima oleh target market. Dalam penelitian
ini dilakukan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode
penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan angket survei online kepada
responden yang merupakan calon customer dengan klasifikasi wanita dan pria usia
produktif 16 – 50 tahun yang berdomisili di Surabaya dan luar Surabaya. Sedangkan
penelitian kualitatif dilakukan dengan cara wawancara kepada expert user dan extreme
user dengan klasifikasi wanita dan pria usia produktif 16 – 50 tahun berdomisili di
Surabaya yang memiliki bisnis dibidang art and craft dan para customer penyuka produk
art and craft. Selain itu, dilakukan juga metode penelitian dengan studi literatur melalui
buku dan jurnal. Hasil dari peneliatian dapat disimpulkan bahwa masyarakat pada
zaman sekarang lebih tertarik pada produk art and craft yang memiliki desain modern
dan kualitas yang baik. Media pemasaran yang dilakukan penjualan dan promosi secara
langsung dan melalui sosial media.