PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN MASYARAKAT DALAM MEMBELI PRODUK HOME DECOR JIIB
Abstract
Perancangan ini dilakukan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat
terhadap brand Jiib Essentials dengan cara-cara yang efektif dan menarik, terutama
di kalangan pelajar maupun pekerja yang memiliki hobi di bidang estetika dan
penataan ruangan. Jiib Essentials merupakan bisnis yang menawarkan produkproduk dekorasi ruangan dengan konsep minimalis. Tujuan akhir perancangan ini
adalah mendapatkan respon positif dari audience yang dituju agar Jiib Essentials
semakin dikenal oleh masyarakat luas serta bisnis ini dapat berkembang dengan
baik kedepannya, sesuai dengan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada audience.
Perancangan ini didukung dengan metode pengumpulan data primer, yaitu melalui
pengumpulan data langsung dengan wawancara kepada expert serta extreme user,
dan didukung dengan observasi langsung di lapangan untuk melihat respon serta
reaksi audience terhadap Jiib Essentials. Selain itu, perancangan ini juga didukung
oleh data sekunder yang didapatkan melalui studi pustaka berupa buku, jurnal, dan
ulasan website berupa teori, kutipan, artikel, dan lainnya. Dari metode penelitian
tersebut, didapatkan sebuah hasil berupa konsep kegiatan aktivasi serta
perinciannya yang dirancang guna menarik perhatian dan partisipasi audience
sehingga tujuan awal dari perancangan ini dapat dicapai dengan semestinya.
Perancangan konsep kegiatan aktivasi tersebut disasarkan kepada target market
sesuai dengan teori serta masukan yang didapat melalui metode penelitian yang
dilakukan melalui beberapa proses dan disesuaikan dengan tren yang ada di dalam
masyarakat sekarang ini. Kegiatan aktivasi ini dititikberatkan kepada memberikan
brand experience kepada audience karena menurut penelitian yang telah dilakukan,
hal ini akan lebih efektif dan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Guna
mendukung kegiatan aktivasi yang telah dirancang ini, dirancang pula media-media
pemasaran yang dapat mengarahkan audience kepada aktivasi utama yang telah
dirancang. Media-media pemasaran tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan
dan tren masyarakat yang sedang terjadi pada masa ini sehingga proses
penyampaian kepada audience dapat dilakukan dengan efektif dan akhirnya
perancangan aktivasi ini dapat berhasil sesuai dengan tujuan awal
