PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI PRECIOUS DECORATION DI SEMARANG
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan brand Precious
Decoration untuk masyarakat generasi Y di kota Semarang. Precious Decoration
adalah sebuah perusahaan yang bergerak di jasa dekorasi acara pesta.
Penyusunan brand identity dan media promosi ini muncul berdasarkan
masalah yang dihadapi oleh Precious Decoration yaitu dimana jasa ini masih baru
berdiri dan belum memiliki identitas yang kuat terutama dalam hal promosi. Sebagai
brand yang masih baru, dibutuhkan adanya sebuah identitas dan promosi yang kuat,
agar value dari perusahaan dapat tersampaikan dan diingat oleh target market. Agar
dapat memperkenalkan brand Precious Decoration diperlukan strategi komunikasi
visual dan penyusunan konsep identitas visual sebagai solusi dari permasalahan serta
dapat memunculkan awareness di benak target market.
Identitas visual merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk
dan pemilihan media promosi sangat beperngaruh untuk mempromosikan produk
terutama yang menggunakan media sosial. Selain tidak membutuhkan biaya, media
sosial juga sangat digemari oleh anak muda jaman sekarang. Cara untuk
memperkenalkan brand dengan membuat identitas visual yang sesuai dengan target
market agar lebih mudah memunculkan brand awareness. Hal ini bertujuan agar
Precious Decoration dapat dikenal dan berbeda dengan bisnis lainya yang
menawarkan jasa sejenis.
Menyesuaikan karakter brand dengan target market bertujuan untuk
menciptakan image dari Precious Decoration agar dapat tertanam dibenak masyarakat
dan menjadi lebih mudah dikenal. Dalam melakukan promosi bertujuan agar nilai value
dapat ditawarkan dan diketahui oleh target market. Elemen dan gaya desain yang ada
dalam pembuatan brand ini juga berperan dalam menentukan penilaian masyarakat
terhadap jasa dari Precious Decoration
