| dc.contributor.author | DJOHAN, AMALIA PRAMADEWI | |
| dc.date.accessioned | 2019-02-25T09:09:27Z | |
| dc.date.available | 2019-02-25T09:09:27Z | |
| dc.date.issued | 2016 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1954 | |
| dc.description.abstract | Strategi Pemasaran Relasional atau Customer Relationship Marketing
(CRM) yang efektif terhadap Pelanggan dapat meningkatkan, bahkan
memaksimalkan loyalitas pelanggan pada industri jasa. Utamanya terhadap bisnis
ini yaitu Umrah Services, dimana yang dijual adalah jasa premium yang sangat
mengutamakan kepuasan pelanggan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk
meneliti rumusan strategi dan program Customer Relationship Marketing yang ada
terhadap kesetiaan pelanggan, kemudian menyempurnakan strategi tersebut.
Penelitian dilakukan dengan melakukan riset dan survei pada CRM,
testimoni pelanggan, data pra-survey, kuisioner, kesan pelanggan terhadap
produk jasa, dan juga wawancara dengan dua kelompok narasumber, yakni
General Marketing Nur Ramadhan Surabaya dan Pelanggan Umrah berulang Nur
Ramadhan Surabaya. Memfokuskan pada determinan CRM berdasarkan teori
Sivesan yaitu Communication, Conflict Handling, Trust, dan Commitment. Hasil
dari survey, riset dan wawancara tersebut kemudian dianalisa menggunakan
metode Miles dan Huberman.
Temuan data wawancara dengan General Marketing Nur Ramadhan
menghasilkan deskripsi CRM Program yang masih memiliki kekurangan dalam
aplikasinya. Temuan data wawancara dengan pelanggan Nur Ramadhan yang
dianalisa menunjukkan hasil sebagai berikut; terdapat fluktuasi prestasi di aspek
Communication. Aspek Conflict Handling menunjukkan bahwa SOP penanganan
konflik belum teraplikasikan dengan baik dan masih rentannya konflik dari sumber
eksternal. Aspek Affective Trust dan Affective Commitment yang bergantung pada
SDM perusahaan juga sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Oleh karena
itu diperlukan perhatian yang cermat dari perusahaan dalam menjalankan strategi
yang berhubungan dengan kedua aspek ini.
Hasil dari penelitian ini kemudian digunakan untuk menciptakan implikasi
managerial pada program Customer Relationship Marketing Nur Ramadhan
Surabaya. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | Jasa Umrah, Pemasaran Relasional, Customer Relationship Marketing, CRM, Loyalitas Pelanggan, Wawancara, Kualitatif, Sivesan, Miles dan Huberman, Nur Ramadhan | en_US |
| dc.title | ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA LOYALITAS PELANGGAN UMRAH PT NUR RAMADHAN SURABAYA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |