PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA RESTORAN OMAH TEPI SAWAH RESTO&CAFÉ
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran business model
canvas melalui visualisasi sembilan blok dan Analisis SWOT digunakan untuk
penyusunan gambaran keputusan strategis melalui kuadran IFAS EFAS. Omah
Tepi Sawah Resto&Café merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang food
and beverage yang menawarkan konsep resto menyatu dengan alam. Dalam
penerapannya, terdapat beberapa potret bisnis yang sudah sesuai dan beberapa
masih memerlukan alternatif model bisnis yang tepat. Target pasar dari Omah
Tepi Sawah adalah karyawan, mahasiswa, kelompok arisan, dan komunitas.
Konsep resto menyatu dengan alam disampaikan dari design resto yang
berkarakter serta didukung dengan pemandangan alam dan perabot berbahan dasar
kayu. Media promosi dari Instagram, Facebook, Google, radio, dan brosur.
Pendapatan diperoleh dari aktivitas dine in, catering, pesanan buffet, dan pesan
antar melalui ojek online. Berdasarkan hasil perhitungan kuadran IFAS EFAS,
posisi Omah Tepi Sawah Resto&Café berada pada kuadran satu. Strategi yang
tepat untuk diterapkan adalah mendukung pertumbuhan agresif. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Menggunakan wawancara
semiterstuktur sebagai metode pengumpulan data. Triangulasi sumber digunakan
sebagai penjaringan data yang berasal dari owner, pelanggan, dan ahli BMC. Data
hasil wawancara direduksi serta dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
