FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN UNTUK BERKUNJUNG KE MONOPOLE COFFEE LAB DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
berpengaruh terhadap preferensi konsumen untuk berkunjung ke Monopole Coffee
Lab di Surabaya. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu seluruh
konsumen yang pernah berkunjung dan mengkonsumsi produk di Monopole Coffee
Lab Surabaya, dan jumlahnya tidak diketahui, sedangkan sampel yang diteliti
adalah 97 konsumen Monopole Coffee Lab Surabaya dengan usia 17-40 tahun agar
didapatkan hasil penelitian yang bersifat obyektif serta mampu menggambarkan
keadaan yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode pembagian kuesioner yang menggunakan instrumen skala Likert.
Variabel penelitian yang digunakan peneliti yaitu variabel kesan (Impression),
perilaku (Behavior), dan citra merek sebagai variabel bebas serta variabel
preferensi konsumen sebagai variabel terikat. Selanjutnya, peneliti mengolah data
hasil penelitian menggunakan software Smart PLS 3.0 untuk memperoleh
kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan
pengujian hipotesis yang telah dihitung menggunakan software Smart PLS tersebut,
maka dapat disimpulkan hasil penelitan ini yaitu bahwa kesan (Impression),
perilaku (Behavior), dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap
preferensi konsumen untuk berkunjung ke Monopole Coffee Lab di Surabaya.
