PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN UNTUK BISNIS FOTO VIDEO EVENT FAY MOTION BESERTA MEDIA PROMOSINYA
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak yang diberikan dalam
pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi untuk bisnis foto video
event “Fay Motion” melalui perancangan sebuah Brand Campaign beserta media
promosinya. Brand Campaign dilaksanakan dalam jangka waktu setahun
bertujuan untuk meningkatkan kesadaran brand atau brand awareness terhadap
jasa dokumentasi event “Fay Motion” di Surabaya. Media komunikasi
pemasaran terintegrasi yang akan dibahas dan dilaksanakan antara lain adalah
media online, media cetak, event marketing atau exhibition, dan media
aftersales. Pemilihan gaya desain sebagai dasar untuk menghasilkan media
promosi brand campaign yaitu gaya desain New Typography dan Retro Modern
dilandasi oleh penelitian yang dilaksanakan selama September 2018 – Mei 2019
menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Metode kualitatif dilaksanakan melalui wawancara kepada narasumber expert
dan extreme yang berkaitan dengan bisnis jasa dokumentasi, branding, dan
strategi komunikasi pemasaran, sedangkan metode kuantitatif dilaksanakan
melalui penyebaran kuisioner online terhadap pengguna dan juga calon
konsumen bisnis “Fay Motion” yang berumur 18-34 tahun dengan kebutuhan jasa
dokumentasi event secara profesional untuk kebutuhan corporate maupun
perorangan. Selain itu, dilakukan juga penelitian menggunakan metode studi
literatur melalui buku dan jurnal. Hasil dari peneliatian dapat disimpulkan bahwa
sebuah bisnis jasa dokumentasi pada era digital ini membutuhkan strategi
komunikasi pemasaran yang sesuai dengan segmentasi pasar yang ditunju
sehingga dapat meningkatkan brand awareness.