PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS INTERNATIONAL LANGUAGE FOUNDATION (ILF) DI LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi
yaitu Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct
Marketing terhadap keputusan pemilihan pada Lembaga Pendidikan Bahasa
Inggris International Language Foundation (ILF) Lamongan. Dalam penelitian ini,
populasi nya adalah seluruh orang tua siswa yang masih aktif belajar di ILF
Lamongan . Jumlah sampel 57 orang. Kuesioner digunakan pada penelitian ini
sebagai Teknik pengambilan data. Jumlah pernyataan dalam kuesioner sebanyak
31 dengan menggunakan skala Likert. Waktu penelitian diadakan dalam rentang
bulan Februari 2018 – Mei 2019. Penelitian ini menggunakan analisis regresi
berganda dengan uji validitas dan uji reliabilitas pada setiap pernyataan. Uji
hipotesis diterapkan pada penelitian ini dengan uji F, uji t, koefisien korelasi,
koefisien determinasi. Uji asumsi klasik pada penelitian ini diterapkan dengan
menggunakan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji
linieritas. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Sales Promotion berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pemilihan Lembaga Pendidikan Bahasa
Inggris ILF Lamongan. Sedangkan variabel Advertising, Personal Selling, Public
Relations dan Direct Marketing tidak berpengaruh secara signifikan terdahap
keputusan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris ILF Lamongan