PROSES INOVASI PRODUK BARU DI INDUSTRI BATIK SOLO RANCANGAN PENERAPAN: PADA BATIK ROLLA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perusahaan yang mengalami tidak
seimbang antara motif batik yang dihasilkan dengan jumlah permintaan batik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memetakan proses inovasi
produk baru yang dilakukan Industri Batik Solo dan di aplikasikan kepada
pengembangan produk baru pada Batik Rolla. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan objek penelitian yaitu Batik Gunawan Setiawan
Kauman dan Batik Putra Laweyan. Sampel dipilih menggunakan purposive
sampling, dengan metode wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa
terdapat 7 tahapan dalam proses inovasi produk perusahaan batik yaitu : idea
generation, idea screening, concept development & testing, marketing strategy,
product development, market testing, dan commercialization. Dalam proses
menggali ide, faktor moment merupakan faktor utama yang mempengaruhi
gagasan ide. Moment merupakan tahap awal dalam mencari sumber inspirasi
motif batik yang akan diluncurkan. Sumber inspirasi tersebut yang digunakan
dalam seluruh proses menciptakan produk baru. Sumber inspirasi dari moment
tersebut yang dapat meningkatkan orisinalitas dan kreativitas perusahaan dalam
menciptakan motif batik yang akan di produksi. Selain moment, dalam menggali
ide ditemukan faktor lain yaitu traveling, perusahaan dapat melakukan travelling
untuk mengetahui apa yang sedang trend saat ini. Traveling dapat dilakukan
dengan mengunjungi tempat – tempat yang potensi menimbulkan ide bagi
perusahaan