PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PRODUK DAPUR BUTET
Abstract
Perkembangan bisnis makanan dan minuman di Indonesia seperti di kota
Surabaya tergolong meningkat. Di era digital masa kini, media sosial merupakan
komponen penting dari pemasaran digital sehingga tidak ada lagi batasan antara
produsen dan konsumen. Perusahaan bisnis makanan dan minuman dituntut
untuk meningkatkan inovasi pada kualitas produk, harga dan promosi agar dapat
menarik daya beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian
melalui media sosial pada produk Dapur Butet. Pengambilan sampel
menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random
sampling yaitu 42 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi berganda, uji simultan dan uji parsial. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui media sosial pada produk
Dapur Butet. Dapur Butet sebaiknya memberikan informasi kepada konsumen
melalui media sosial bahwa produk Dapur Butet merupakan makanan siap saji
dan tanpa pengawet. Harga pada produk Dapur Butet tidak perlu disesuaikan
karena harga sudah sesuai dengan dengan kualitas produk yang ditawarkan
pada konsumen, dan Dapur Butet harus lebih meningkatkan promosi dalam
penjualan melalui media sosial.
