Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Minat Beli Diecast Pada Atlezza-Auto
Abstract
Penelitian dengan judul ”Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Minat Beli Diecast
Pada Atlezza-Auto” dilakukan dengan bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh
yang signifkan ditinjau dari aspek gaya hidup dan harga terhadap minat beli. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan cara mengumpulkan data
menggunakan kuisioner kemudian mengola data menggunakan SPSS. Kuisioner dibagikan
kepada 55 responden yang merupakan pelanggan dari Atlezza-Auto yang sudah cukup
paham mengenai diecast. Analisis data pada penelitian menggunakan variabel dari gaya
hidup, harga dan minat beli kemudian variabel tersebut dijabarkan kembali menjadi
beberapa indikator guna untuk menyusun pertanyaan untuk responden. Hasil dari penelitian
ini menunjukan bahwa ada variabel dari gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat beli, sedangkan variabel harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat beli. Kesimpulan dari penelitian ini gaya hidup merupakan faktor penting
yang digunakan sebagai kolektor sebagai wujud ekspresi diri yang disalurkan melalui
diecast, seorang kolektor juga tidak mempermasalahkan faktor harga untuk membeli sebuah
diecast yang mereka inginkan
