PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI STUDI KASUS FIT IN FURNITUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan rancangan strategi
promosi dalam start-up business Fit In furnitur yang baru. Hasil penelitian
perancangan strategi promosi dapat diaplikasikan dengan upaya dapat
meningkatkan brand awareness pada bisnis start-up furnitur di Fit In furnitur.
Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi sebagai langkah dalam
menentukan langkah strategi promosi dengan AISAS sebagai alat komunikasi
dalam menentukan langkah-langkah strategi promosi. Strategi promosi yang
digunakan adalah konsep periklanan, konsep penjualan personal, konsep
promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data
menggunakan sumber data dari mewawancarai empat informan menggunakan
metode wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah langkah strategi
penelitian terbagi menjadi tiga tahap yaitu pertama Go online dari mulai iklan di
social media, komunikasi konsumen dan promosi diskon. Tahap kedua adalah
penjualan langsung dengan cara penjualan melalui workshop dan pameran.
Tahap ketiga adalah monitor dengan berkomunikasi dan membangun rasa
kepercayaan terhadap konsumen, membuat hubungan yang nyaman dengan
konsumen setelah melakukan pembelian atau akan membeli.
