PENERAPAN STRATEGI INOVASI DALAM PERUSAHAAN DISTRIBUSI CHEMICAL (Studi Kasus: PT Marodi Sinergi Karya)
Abstract
Di zaman terkini ketatnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak
dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka perusahaan-perusahaan dihadapkan pada
banyak peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri.Oleh
karena itu setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi di
pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di
lingkungan bisnisnya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.Hal
ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang berjudul Penerapan Strategi Inovasi
dalam Perusahaan Distribusi Chemical. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
situasi dan kondisi perusahaan pada saat ini, perubahan yang dapat dilakukan dalam model
bisnis yang ada saat ini, dan strategi inovasi yang cocok untuk diaplikasikan oleh perusahaan.
Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode induksi sebagai metode pengumpulan data.
Pengambilan data menggunakan wawancara terhadap responden sebanyak lima orang yang
terdiri dari pemilik perusahaan, pakar bisnis, konsumen langganan, dan calon konsumen.
Analisis data menggunakan Business Model Canvas, kerangka kerja empat langkah, dan Blue
Ocean Strategy. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sejumlah perubahan yang harus
dilakukan perusahaan dan perlunya strategi inovasi demi meningkatkan daya saing perusahaan
