ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK WONDERBLINK EYELASHES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan kombinasi produk yang
disukai konsumen dari Wonderblink Eyelashes, yang terdiri dari: jenis, gaya,
content kemasan dan pelengkap. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua
bulan, yaitu mulai bulan Februari 2018 hingga Mei 2019 yang menjadi reseller
Wonderblink Eyelashes dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang menjadi
area pemasaran Wonderblink Eyelashes, yaitu Ende, Kupang, Bali, Sidoarjo,
Malang, Surabaya, Samarinda, Solo dan Jakarta. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah konsumen B2B dari perusahaan Wonderblink Eyelashes,
yaitu sebanyak 31 orang reseller produk eyelashes. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis konjoin, yang digunakan untuk
memahami bagaimana keinginan atau kesukaan terhadap suatu produk dengan
mengukur tingkat kegunaan dan nilai kepentingan relatif berbagai atribut suatu
produk. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa paket produk pertama yang
ditawakan kepada konsumen B2B Wonderblink Eyelashes adalah kombinasi jenis
sintetis, gaya volume, isi 12 per pack, dan dengan tambahan lem, yang dijual
dengan harga Rp 90.000. Paket produk kedua adalah kombinasi jenis human
hair, gaya volume, isi 12 per pack, dan dengan tambahan lem, yang dijual
dengan harga Rp 120.000.
