PREFERENSI MARKETING COMMUNICATION MIX PT IGLO INDONESIA
Abstract
PT Iglo Indonesia adalah perusahaan produsen kecap yang telah berdiri 8 tahun di
kota Surabaya. Pada tahun 2018, perusahaan melakukan inovasi dalam melakukan
promosi yaitu dengan melakukan iklan berbayar dan acara sharing pengalaman di
sosial media. Sejak sosial media perusahaan terbentuk, omzet perusahaan
mengalami kenaikan. Selama ini perusahaan telah melakukan 4 kegiatan marketing
communication, yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan
penjualan personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari 4 kegiatan
promosi tersebut, manakah yang menjadi preferensi konsumen. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan untuk pengembangan
bisnis perusahaan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kota Surabaya, karena
70% mitra kerja perusahaan adalah warga Surabaya. Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini adalah non-probability sampling, dengan metode accidental
sampling, dan mengambil sampel sebanyak 140 orang. Sampel akan dibatasi hanya
untuk mitra kerja perusahaan
Seluruh jawaban dari survey kemudian diolah dengan cara pembobotan untuk
mendapatkan urutan preferensi konsumen. Hasil yang didapatkan adalah bahwa
yang menjadi urutan preferensi konsumen PT Iglo Indonesia dalam membeli
produk adalah: Penjualan personal door to door, Website resmi perusahaan, Acara
hubungan masyarakat di Facebook, Penjualan personal di bazaar, Iklan berbayar di
media sosial Facebook dan Instagram, Potongan harga dalam pembelian jumlah
banyak, Artikel sertifikasi Halal dan BPOM, Pemberian hadiah gelas.