ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MEMBER APLIKASI SMART IN PAYS DI SURABAYA
Abstract
Masuknya revolusi industri 4.0 membuat muncul startup unicorn baru di Indonesia.
Perkembangan pesat startup unicorn dibantu dengan meningkatnya jumlah pengguna internet
di Indonesia dari tahun ke tahun. Salah satu startup unicorn baru adalah Smart in Pays yang
bergerak dalam bidang digital payment. Perusahaan yang membangun brand image
perusahaan dengan harga murah dan memiliki sistem pemasaran direct selling atau yang lebih
dikenal MLM, dimana hal tersebut dikatakan haram oleh masyarakat Indonesia sehingga
membuat sisitem pemasaran MLM dianggap buruk.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
dengan menggunakan teknik survei. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah sebanyak 47 member aktif Smart
in Pays di Surabaya yang akan dijadikan sebagai responden. Metode pengumpulan data
menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menguji hipotesis uji t dan uji F.
Serta juga melakukan uji asumsi klasik dan uji korelasi dan koefisiensi determinasi.
Dari hasil uji t -2,063 < -2,01537 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima dan dapat
disimpulkan Word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Serta
variabel Brand image didapatkan hasil -1,007 > -2,01537 yang berarti Ho diterima dan H1
ditolak dapat disimpulkan bahwa Brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti responden tidak terlalu
memikirkan Brand image pada produk ketika aplikasi ini memiliki harga yang lebih murah
dibandingkan kompetitor lainnya. Hasil melalui uji F didapatkan hasil 5,268 (F hitung) >
3,21(F tabel) yang berarti Ho di tolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa
model persamaan regresi linier berganda yang melibatkan variabel word of mouth adna brand
image dalam pengaruhnya terhadap variabel keputusan pembelian dapat diterima