Evaluasi Kinerja Perusahaan Pertelevisian PT. Surya Citra Media Tbk. (SCMA) dan PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNCN)
Abstract
Televisi merupakan suatu media hiburan dan informasi yang digunakan di Indonesia maupun di dunia. Sebelum memasuki era digital, dunia pertelevisian tanah air menjadi daya tarik yang tinggi bagi masyarakat umum. Namun berkembangnya era digital, terjadi perubahan gaya hidup yang semula masyarakat yang
menonton televisi sekarang berubah menonton channel youtube dan aplikasi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja kedua perusahaan besar pertelevisian yang sudah berada di lantai bursa, yaitu MNCN dan SCMA. Peneliti akan menggunakan tiga pendekatan yaitu analisis fundamental, teknikal dan berita atau kebijakan yang terjadi dalam perusahaan maupun global. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan uji literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa saham SCMA memiliki performa kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan MNCN.