MARKETING MIX-7P DI AIOLA GROUP
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif untuk meneliti kegiatan Bauran Pemasaran-7P yang terjadi di Aiola Group Surabaya. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai proses Aiola Group Surabaya dalam melaksanakan tiap komponen dari Bauran Pemasaran-7P dalam kegiatan sehari- hari di lingkungan kerja. Dalam penelitian ini berfokus pada masing-masing outlet milik Aiola Group Surabaya, yaitu Aiola Eatery Surabaya, Aiola Canteen Sidoarjo dan Aiola Food Caravan Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan tentang penerapan Bauran Pemasaran-7P di lingkungan kerja serta manfaat yang didapat jika Aiola Group Surabaya melaksanakan seluruh komponen dari Bauran Pemasaran-7P, dimana Aiola Group sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, khususnya pujasera sering menghadapi risiko operasional perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan yang diberikan kepadan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara mengenai Bauran Pemasaran-7P serta pujasera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Bauran Pemasaran-7P pada Aiola Group Surabaya masih terdapat komponen yang belum maksimal. Karena pihak manajemen Aiola Group masih berkonsentrasi kepada beberapa hal saja, belum merata dalam pelaksanaan komponen-komponen dari kegiatan Bauran Pemasaran-7P itu sendiri. Bauran Pemasaran-7P apabila dilaksanakan dengan baik akan mempermudah perusahaan dalam mengelola seluruh kegiatan pemasaran.