PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KONSULTAN PAJAK HOWARD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan wajib pajak yang menggunakan jasa Konsultan Pajak Howard. Dimensi kualitas layanan yang digunakan sebagai variabel bebas dalam penelitian ini yaitu flexibility, reliability, assurance, tangibles, dan responsiveness, dan variabel terikatnya yaitu kepuasan wajib pajak. Seluruh anggota populasi diambil menjadi sampel (sampel jenuh) dalam penelitian ini, dengan total 50 responden, yaitu 35 wajib pajak pribadi dan 15 wajib pajak badan. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan 24 indikator dan menggunakan skala Likert, dan data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel flexibility, reliability, assurance, tangibles, dan responsiveness berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan wajib pajak yang menggunakan jasa Konsultan Pajak Howard, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini diterima.
