PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOMBINASI ATRIBUT OUTER DI OUT & JUMP DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap kombinasi atribut produk outer di Out & Jump dalam pengambilan keputusan pembelian, dan mengidentifikasi atribut yang paling dianggap penting bagi konsumen produk outer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode konjoin. Sampel dalam penelitian ini non-probability sampling yang menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan rumus unknown populations yang didapatlah 97 responden. Dalam penelitian ini terdapat tiga atribut dalam pembelian sebuah produk outer yaitu motif, desain lengan dan bahan kain. Setiap atribut memiliki beberapa level, dimana atribut motif terdapat dua level yaitu bermotif dan polos. Atribut desain lengan terdapat dua level yaitu desain lengan pendek dan desain lengan panjang, sedangkan atribut bahan kain terdiri dari tiga level yaitu kain rayon, kain maxmara dan kain chiffon. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa atribut yang dianggap paling penting bagi konsumen potensial Out & Jump adalah bahan kain, desain lengan dan atribut yang dianggap kurang penting adalah motif.
