PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN HEALTHY FOOD KIIROIKITCHIN BANJARMASIN
Abstract
Kualitas produk dan kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen. Dengan adanya produk yang bagus dan kualitas yang baik, maka akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen Kiiroikitchin Healthy Food Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Lokasi penelitian ini tepatnya di Jln. A. Yani, km. 39, No. 3C, Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari sumber pertama yaitu pemilik Kiiroikitchin, dan konsumen Kiiroikitchiin. Sumber yang diwawancarai adalah pemilik Kiiroikitchin, konsumen Kiiroikitchin, dan ahli dalam bidangnya yaitu chef yang sudah sesuai dengan kriteria. Penjaringan data yang dilakukan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dari narasumber atau informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan memengaruhi loyalitas konsumen Kiiroikitchin. Semakin tinggi kualitas produk dan kualitas layanan yang disediakan maka semakin tinggi loyalitas konsumen. Dengan demikian Kiiroikitchin sebaiknya meningkatkan kualitas produk dan kualitas layanan. Hal tersebut akan mampu memengaruhi kepuasan konsumen yang membuat konsumen menjadi loyal.