PERSEPSI GENERASI Z PADA FOOD PLATING MAIN COURSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN DINING AND BAR SURABAYA PUSAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dan keputusan pembelian main course pada restoran dining and bar di Kota Surabaya Pusat. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai paduan untuk peneliti dan juga pemilik bisnis restoran dining and bar, dengan mempertimbangkan keputusan pembelian karakteristik panca indra main course yang disukai konsumen generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara langsung secara mendalam dengan informan di restoran dining and bar favorit. Penjaringan data menggunakan metode probability sampling, dengan subjek penelitian seorang informan konsumen dining and bar generasi Z yang pernah mengunjungi lebih dari tiga kali restoran tersebut. Data akan diuji keabsahannya dengan metode triangulasi data dan sumber, yaitu antara koding dari hasil wawancara informan konsumen, teori dasar, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini adalah generasi Z dengan panca indra, mampu menjelaskan karakteristik dari main course dan menjelaskan apa yang disuka dan tidak disuka. Persepsi panca indra yaitu visual, plating art, technique of cook, perabaan, quality of portion, dan warna. Keputusan pembelian dengan variabel quality of service, atmosphere, lokasi, harga dan terutama quality of food memengaruhi keputusan pembelian Genersi Z terhadap plating main course di Kota Surabaya Pusat.