dc.contributor.author | Kelvianto, Christian | |
dc.date.accessioned | 2021-02-10T09:29:58Z | |
dc.date.available | 2021-02-10T09:29:58Z | |
dc.date.issued | 2020-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3219 | |
dc.description | CHOMP is a 2D wooden puzzle toy designed to teach children about the
basic food chain. This business was founded in August 2019. At the beginning of
the design of the product is still a prototype of 3D magnetic puzzle. However, due
to limited human resources for the production process, currently the products are
only focused on 2D puzzles about food chain education. As a brand that is still
relatively new, CHOMP does not yet have a brand identity that can represent the
image of the product, which is why brand identity design is needed to strengthen
brand differentiation and to face increasingly varied competition for educational
toys. The limitation of design in this study uses the science of Visual
Communication Design, namely brand identity and branding. The research
method in this design uses a qualitative method, namely through interviews with
experts and extreme users as resource persons as well as literature study | en_US |
dc.description.abstract | CHOMP merupakan merupakan mainan 2D puzzle berbahan dasar kayu
yang didesain untuk mengajarkan anak-anak mengenai rantai makanan dasar. Bisnis
ini berdiri sejak Agustus 2019. Pada awal perancangan produknya masih berupa
prototype 3D magnetic puzzle. Namun karena keterbatasan sumber daya manusia
untuk proses produksi, saat ini produk yang dibuat hanya berfokus pada 2D puzzle
mengenai edukasi rantai makanan. Sebagai brand yang masih tergolong baru,
CHOMP belum memiliki brand identity yang dapat merepresentasikan citra
produk, karena itulah dibutuhkan perancangan brand identity untuk memperkuat
diferensiasi brand serta menghadapi persaingan kebutuhan mainan edukasi yang
semakin bervariatif. Batasan perancangan pada penelitian ini menggunakan
keilmuan Desain Komunikasi Visual yaitu brand identity dan branding. Metode
penelitian pada perancangan ini menggunakan metode kualitatif, yaitu melalui
wawancara terhadap expert dan extreme user sebagai narasumber serta kajian
studi pustaka literatur. Hasil akhir yang diharapkan dari perancangan ini adalah
brand concept, brand idea and strategy, Graphic Standart Manual, dan brand
marketing application. Brand concept berisi keseluruhan konsep mengenai brand
CHOMP, produk yang dibuat, target market serta Unique Selling Proportion yang
ditawarkan. Brand idea and strategy berisi brand visual, verbal, brand attributes
sebagai positioning brand CHOMP. Graphic Standart Manual berisi penjelasan
seluruh brand identity assets (logo, color, typeface, dst) serta penjelasan
mengenai batasan penggunaan brand identity assets pada media. Brand
marketing application berisi pengaplikasian brand identity pada media, serta
seleksi pemilihan media promosi yang digunakan. | en_US |
dc.language | Bahasa Indonesia | |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | Brand Identity | en_US |
dc.subject | Branding | en_US |
dc.subject | Promosi | en_US |
dc.subject | marketing | en_US |
dc.title | Perancangan Brand Identity dan Media Promosi Mainan Edukasi Chomp | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | 0723028503 | |
dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
dc.identifier.nim | 20316042 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | Hutomo Setia Budi | |