Perancangan Seri Buku Cerita Anak Kustomisasi "BY:CN" Bertema Pendidikan Moral dan Media Promosinya
Abstract
by:CN adalah bisnis buku cerita anak kustomisasi yang bertujuan untuk
meningkatkan minat baca anak Indonesia. Dengan semakin ketatnya persaingan
di industri buku cerita anak, by:CN membutuhkan variasi produk yang bisa
memenuhi kebutuhan target pengguna dan tetap mempertahankan nilai tambah
sebagai produk yang personal dan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang buku cerita anak kustomisasi bertema pendidikan moral beserta
media promosinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran
kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi
kompetitor, wawancara expert dan extreme user, dan penyebaran kuesioner
daring kepada target pasar, sedangkan data sekunder didapatkan melalui studi
literatur. Hasil akhir perancangan ini adalah seri buku cerita anak kustomisasi
bertema pendidikan moral beserta media promosinya yang meliputi akun media
sosial Instagram, website, poster, book trailer, Point of Purchase, pop-up booth,
dan merchandise. Saran untuk penelitian lanjutan meliputi pengembangan tema
lain yang sesuai dengan isu aktual, pemanfaatan media promosi secara lebih
efektif, dan pemberian variasi media promosi yang disesuaikan dengan tema
tertentu.