Perancangan Brand Identity dan Media Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness Yoru Kitchen
Abstract
Dari tahun ke tahun industri kuliner di Surabaya semakin meningkat, hal ini juga
dikatakan oleh Yapto Willy Sinatra selaku Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan
Minuman Seluruh Indonesia (GPMMI) Jawa Timur yang mengatakan bahwa pertumbuhan
industri makanan dan minuman di Jawa Timur terus melejit hingga triwulan 2016,
kenaikan mencapai 6,63 persen bila dibandingkan dengan tahun 2015 (JPNN.com, 2016).
Melihat peluang tersebut, Yoru Kitchen menawarkan ikan cakalang yang diolah dengan
bumbu-bumbu khas dari Manado menjadi ikan cakalang suir. Sebagai usaha kuliner yang
masih dibilang strat-up, Yoru Kitchen memilki masalah yaitu kurangnya brand awareness
dikarenakan kurangnya identitas dan media promosi yang digunakan sehingga
masyarakat luas belum mengetahui tentang produk Yoru Kitchen yang menjual olahan
ikan cakalang suir di Surabaya. Tidak dapat dipungkiri dizaman sekarang kebanyakan
remaja memilih makanan atau minuman praktis yang mudah untuk dimakan dimana saja
dan bisa dipesan kapan saja. Maka dari itu untuk meningkatkan brand awareness pada
target market, Yoru Kitchen memerlukan sebuah perancangan identitas dan media
promsafsgosi yang sesuai dan menarik dan sesuai untuk target marketnya yaitu generasi
Z, generasi Z adalah manusia atau orang yang lahir dari tahun 1995 hingga sekarang.
Penguasaan informasi dan teknologi adalah faktor utama yang membedakan generasi Z.
Dalam pengembangan ini teori yang digunakan antara lain, ikan cakalang, kemasan,
brand awareness, sosial media, dan generasi z. Metode perancangan yang akan
dilakukan adalah diawali dengan pendahuluan, dilanjutkan dengan latar belakang,
rumusan masalah, tujuan perancangan, dilanjutkan dengan tinjauan pustaka, topik
penelitian, perencangan, strategi komunikasi visual, strategi media, prototype, uji coba
prototype atau revisi prototype lalu preancangan ini akan ditutup dengan final design.
