dc.contributor.author | Beslar, Eunike Tabita | |
dc.date.accessioned | 2021-02-11T08:45:59Z | |
dc.date.available | 2021-02-11T08:45:59Z | |
dc.date.issued | 2020-04-24 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/3223 | |
dc.description | From year to year the culinary industry in Surabaya is increasing, this has also
increased by Yapto Willy Sinatra as Chairman of the All-Indonesian Food and Beverage
Entrepreneurs Association (GPMMI) of East Java who said that the development of the
food and beverage industry in East Java continued to skyrocket until the 2016 quarter, Up
to 6.63 percent when compared to 2015 (JPNN.com, 2016). Seeing this opportunity, Yoru
offered skipjack tuna mixed with spices typical of Manado to become a skipjack tuna. As
a culinary business that is still fairly new, Yoru Kitchen has the problem of lower brand
awareness due to the lack of identity and promotional media used by the wider community
not knowing about Yoru Kitchen products that sell processed cakalang suir in Surabaya.
It is undeniable that today the most preferred adolescent choose foods or drinks that are
easy to get anywhere and can buy at any time. Therefore to increase brand awareness in
the target market, Yoru Kitchen buys identity design and promotional media that are
appropriate and attractive and appropriate for its target market, namely generation Z,
generation Z is a human or person produced from 1995 to the present. Mastery of
information and technology are the main factors that determine generation Z. In this
development, theories used include, skipjack fish, packaging, brand awareness, social
media, and generation Z. The design method will be preceded by introduction, preparation
with background, problem formulation, design objectives, followed by literature, research
topics, planning, visual communication strategy, media strategy, prototype, prototype
testing or prototype revision and then this design will be closed with final design. | en_US |
dc.description.abstract | Dari tahun ke tahun industri kuliner di Surabaya semakin meningkat, hal ini juga
dikatakan oleh Yapto Willy Sinatra selaku Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan
Minuman Seluruh Indonesia (GPMMI) Jawa Timur yang mengatakan bahwa pertumbuhan
industri makanan dan minuman di Jawa Timur terus melejit hingga triwulan 2016,
kenaikan mencapai 6,63 persen bila dibandingkan dengan tahun 2015 (JPNN.com, 2016).
Melihat peluang tersebut, Yoru Kitchen menawarkan ikan cakalang yang diolah dengan
bumbu-bumbu khas dari Manado menjadi ikan cakalang suir. Sebagai usaha kuliner yang
masih dibilang strat-up, Yoru Kitchen memilki masalah yaitu kurangnya brand awareness
dikarenakan kurangnya identitas dan media promosi yang digunakan sehingga
masyarakat luas belum mengetahui tentang produk Yoru Kitchen yang menjual olahan
ikan cakalang suir di Surabaya. Tidak dapat dipungkiri dizaman sekarang kebanyakan
remaja memilih makanan atau minuman praktis yang mudah untuk dimakan dimana saja
dan bisa dipesan kapan saja. Maka dari itu untuk meningkatkan brand awareness pada
target market, Yoru Kitchen memerlukan sebuah perancangan identitas dan media
promsafsgosi yang sesuai dan menarik dan sesuai untuk target marketnya yaitu generasi
Z, generasi Z adalah manusia atau orang yang lahir dari tahun 1995 hingga sekarang.
Penguasaan informasi dan teknologi adalah faktor utama yang membedakan generasi Z.
Dalam pengembangan ini teori yang digunakan antara lain, ikan cakalang, kemasan,
brand awareness, sosial media, dan generasi z. Metode perancangan yang akan
dilakukan adalah diawali dengan pendahuluan, dilanjutkan dengan latar belakang,
rumusan masalah, tujuan perancangan, dilanjutkan dengan tinjauan pustaka, topik
penelitian, perencangan, strategi komunikasi visual, strategi media, prototype, uji coba
prototype atau revisi prototype lalu preancangan ini akan ditutup dengan final design. | en_US |
dc.language | Bahasa Indonesia | |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | Skipjack Fish | en_US |
dc.subject | Packaging | en_US |
dc.subject | Brand Awareness | en_US |
dc.subject | Social Media | en_US |
dc.subject | Generation Z | en_US |
dc.title | Perancangan Brand Identity dan Media Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness Yoru Kitchen | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | 0728068303 | |
dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
dc.identifier.nim | 20316047 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | Paulina Tjandrawibawa | |