ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PROMOTION MIX PADA TOKO MANISE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai variabel-variabel iklan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi merupakan faktor promotion mix “Toko Manise”.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Toko Manise, dengan sampel sebesar 100 responden dari total 300 orang populasi per bulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan penjualan pribadi (X3). Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori sebagai analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan dan promosi penjualan merupakan faktor promotion mix “Toko Manise” dengan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan pada Toko Manise adalah variabel iklan.