“Perancangan Brand Campaign dan Media Promosi untuk Bisnis Digital Alteration “Michelle Sinatra”
Abstract
“PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK BISNIS
DIGITAL ALTERATION “MICHELLE SINATRA”
Perancangan brand campaign ini dilakukan dalam rangka pembuatan bisnis digital
alteration “Michelle Sinatra Digital Alteration Artist” yang memiliki target pasar fotografer
freelance di Surabaya maupun di Jakarta untuk menyampaikan pesan brand kepada
fotografer freelance baik di Surabaya dan Jakarta terhadap “Michelle Sinatra Digital Alteration
Artist” sehingga meningkatkan kesadaran akan brand dan menarik target pasar untuk
menggunakan jasa yang di tawarkan. Agar pesan tersebut dapat tersampaikan, dibutuhkan
sebuah media yang menjadi perantara antara brand kepada target pasar sehingga diadakan
media promosi baik secara langsung maupun menggunakan media sosial sesuai dengan
target pasar. Selain itu, untuk dapat mengetahui media yang efektif dan tepat untuk digunakan
dan strategi brand campaign yang sesuai, diperlukan pengetahuan akan consumer
segmenting yang terdiri dari segmenting, positioning, dan targeting (STP) serta consumer
behaviour agar dapat mengetahui hal-hal yang akan mempengaruhi keputusan target pasar
untuk memakai jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui hal tersebut diadakan
penelitian dengan metode kualitatif berdasarkan data primer berupa wawancara kepada
expert user dan extreme user, pengambilan data sekunder juga diadakan dengan
mengumpulkan data dari berbagai macam buku, jurnal dan website yang mengandung teori
brand management, marketing, digital imaging, dan consumer segmenting serta mengadakan
kegiatan kolaborasi bersama beberapa fotografer baik di Surabaya maupun Jakarta. Hal ini
karena kolaborasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengkomunikasikan produk
dan pesan yang ditujukan kepada target market. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
brand campaign yang diadakan sesuai dengan target pasar begitu juga dengan media yang
digunakan dalam brand campaign ini dapat menyampaikan pesan yang baik kepada target
pasar sehingga memberikan efek positif kepada brand.