PERANCANGAN BRAND ACTIVATION BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK TAHUK!
Abstract
“PERANCANGAN BRAND ACTIVATION BESERTA MEDIA PROMOSINYA
UNTUK TAHUK!”
Perancangan ini dilakukan dalam rangka melakukan Brand Activation
beserta media promosinya untuk brand Tahuk! yang secara demografis memiliki
target market utama yaitu Generasi Z di Surabaya dengan usia 16-24 tahun
dengan kelamin lelaki dan perempuan, dengan SES B-C, secara psikografis
memiliki kepribadian Sensing (S) – Intuition (N) yang berarti mereka akan melihat
suatu hal menggunakan indera lalu mengorientasiakan pada detail fakta dan
menilai sebuah informasi pada prediksi mereka sendiri dan secara gabungan
(VALS) adalah Experiencers. Yang berarti konsumen muda yang antusias dan
impulsif. Experiencers sangat mudah untuk antusias dengan sesuatu atau hal-hal
baru, tetapi mereka juga mudah untuk kehilangan antusias tersebut. Hal yang
sering mereka cari adalah suatu variasi dan kesenangan, Experiencers
merupakan konsumen yang akan menghabiskan proporsi yang sangat besar untuk
fashion, hiburan dan bersosialisasi dan mereka juga selalu ingin menjadi yang
terbaik. Kegiatan aktivasi yang memiliki konsep pop up mini games yang memiliki
judul Main Main memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat
Surabaya terhadap Bisnis Tahuk! sebagai alternatif jajanan baru yang dapat
menunda lapar. Dengan metode penelitian kuantitatif melalui penyebaran
kuisioner dan uji coba online serta kualitatif melalui wawancara dengan expert user
dan extreme user maka dapat diketahui bahwa dengan adanya kegiatan aktivasi
ini dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap bisinis Tahuk! dan bahwa
pemilihan media promosi juga berperan dalam penilaian masyarakat terhadap
kegiatan ini yang akhirnya akan membentuk sikap masyarakat terhadap media dan
kegiatan aktivasi ini serta menentukan kesuksesan dari kegiatan aktivasi ini.