Studi Kelayakan Bisnis Restoran Iga-E
Abstract
Tujuan diadakan penelitian ini adalah mengetahui dan memutuskan layak atau tidaknya bisnis Restoran Iga-E untuk dilaksanakan. Untuk mengetahui kelyakan bisnis tersebut, dilakukan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang layak atau tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan dalam jangka waktu tertentu. Manfaat dari studi kelayakan bisnis adalah sebagai bahan pertimbangan dalam keputusan untuk layak tidaknya suatu bisnis untuk dijalankan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penduduk Citraland. Sampel yang diambil adalah pengunjung G-Walk. Teknik pengambilan sampel ini adalah teknik sampel acak. Pengumpulan data yang diperlukan adalah data dari BPS, literatur dan observasi. Aspek-aspek yang dibahas dalam studi kelayakan bisnis ini adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek hukum, dan aspek keuangan. Aspek-aspek tersebut dipilih karena mewakili unsur layak atau tidaknya suatu bisnis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning), analisis Marketing Mix (produk, harga, tempat, dan promosi) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,dan Threat). Hasil analisis dari kelima aspek tersebut menunjukkan bahwa bisnis Restoran Iga-E layak untuk dijalankan.