Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Image terhadap Purchase Intention pada Tropical Coffee
Abstract
Tropical Coffee adalah bisnis startup yang berjalan dibidang Food and
Baverage. Lebih jelasnya Tropical Coffee merupakan minuman berjenis kopi
yang dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia seperti cengkeh, jahe, daun
Poronowijo, dan Lumbricus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dari sosial media marketing dan brand image terhadap purchase intention. Teknik
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sampel dari penelitian
adalah followers dari sosial media facebook Tropical Coffee. Teknik sampling
yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga didapatkan sebanyak 70
responden dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online. Penelitian ini
menggunakan bantuan dari aplikasi Statistical Package for Social Science untuk
menghitung hasil dari kuesioner. Pengukuran dari penelitian ini menggunakan
pengukuran skala Likert 1-5. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sosial
media marketing berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention.
Brand image berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention. Manfaat
dari penelitian ini adalah digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan
pengambilan keputusan atau pembuatan strategi pada Tropical Coffee.