PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SWAFT’S
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan harga (X3) terhadap kepuasan konsumen Swaft’s (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Swaft’s. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 55 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel non probabilitas yaitu Convenience Sampling.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0 dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap setiap pernyataan yang diajukan sebelum melakukan pengujian analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan harga (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Swaft’s (Y). Variabel kualitas produk (X1) lebih dominan kepuasan konsumen dengan nilai 7,190 dan nilai signifikan 0,000 (<0,005). Secara simultan kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,005).