| dc.description.abstract | “PERANCANGAN BRAND CAMPAIGN DAN MEDIA PROMOSI UNTUK
BISNIS CAU SKIRT”
Perancangan ini dilakukan dalam rangka kampanye yang dilakukan
Brand Cau Skirt dengan target market pengendara motor wanita usia 18-34 tahun
sebagai pelajar/mahasiswa, pekerja, dan ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini
merancang brand campaign beserta media promosinya yang sesuai bagi brand
Cau Skirt. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data
kualitatif berupa wawancara terhadap expert user dan extreme user; Focus Group
Discussion (FGD) serta studi literatur, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari
kuesioner yang disebarkan secara online pada 73 responden. Strategi komunikasi
yang dilakukan melalui giveaway dengan hashtag #nyamanberbatik dimana orang
yang mengikuti giveaway juga menceritakan pengalaman mereka suka/duka
mereka saat naik motor, atau membagikan tips untuk melindungi kulit dari paparan
sinar matahari. Untuk mengkomunikasikan kampanye tersebut, perlu adanya
media promosi yang efektif berdasarkan target market yaitu sosial media
Instagram, Instagram Ads, Facebook Ads, Endorsement Influencer, Paid Promote,
Voucher Discount, merchandise tote bag dan botol minum tumblr, serta pameran.
Hasil perancangan berdasarkan dari strategi uji coba yang dilakukan, keseluruhan
desain bagus dan media promosi yang dipilih sesuai, namun ada kekurangan
dalam visualisasinya masih belum mewakili kalau produk ini untuk pengendara
motor wanita, pemilihan warna kurang tepat untuk kelas menengah ke bawah
dimana mereka mayoritas menyukai warna yang mencolok atau cerah, logo yang
belum mewakili kampanye, serta komunikasi yang dipersingkat sehingga pesan
yang tersampaikan tepat dan jelas. Untuk itu, revisi dilakukan keseluruh media
promosi mulai dari warna yang cerah, visual produk dipakai saat berkendara
motor, logo, gaya bahasa menggunakan bahasa indonesia, informasi yang
dipersingkat, memperhatikan hirarki visual setiap medianya, serta strategi
komunikasi tidak langsung seperti jualan namun cerita atau curhatan. Hal tersebut
diharapkan dapat mampu menyampaikan pesan dengan baik kepada audiens. | en_US |