PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PARKIRQ
Abstract
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PARKIRQ
Studi Kasus pada Pelanggan ParkirQ
Jl. CitraLand CBD Boulevard, Made, Kecamatan Sambikerep,
Surabaya, Jawa Timur 60219
2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas layanan (X1) dan kualitas produk (X2) dengan kepuasan pelanggan ParkirQ (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa ParkirQ yang terdiri dari 133 orang. Peneliti mengambil sampel berdasarkan rumus Isaac and Michael sebanyak 100 responden yang semuanya adalah pelanggan ParkirQ. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-4 dilakukan pada bulan April 2020 hingga Mei 2020. Uji Validitas menggunakan Pearson’s Product Moment dan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji Asumsi klasik yang digunakan adalah Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Normalitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Analisis Linier Berganda. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji F dan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan ParkirQ.