PENGARUH GREEN SELF-IDENTITY DAN AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTENSI PEMBELIAN SABUN RAMAH LINGKUNGAN JOLAV
Abstract
PENGARUH GREEN SELF-IDENTITY DAN AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTENSI PEMBELIAN SABUN RAMAH LINGKUNGAN JOLAV
Jolav adalah sebuah perusahaan sosial yang bergerak pada bidang pemberdayaan wanita rawan sosial ekonomi. Jolav melakukan pemberdayaan melalui pelatihan pembuatan sabun batang natural dan membantu memasarkannya. Jolav mengalami ketidakstabilan pendapatan di setiap bulan. Hal tersebut karena Jolav hanya melakukan pemasaran melalui pameran yang bertema peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green self-identity dan aktivitas pemasaran media sosial terhadap intensi pembelian sabun ramah lingkungan Jolav. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 128 orang peduli terhadap lingkungan dan tertarik terhadap produk ramah lingkungan khususnya sabun organik. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan data primer berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa green self-identity tidak berpengaruh terhadap intensi pembelian produk ramah lingkugan dan aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian produk ramah lingkugan.