PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARBLE ART
Abstract
PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARBLE ART
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan personal selling (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) Marble Art. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian pada periode Maret 2012 hingga Maret 2013, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu regresi linier berganda dengan derajat kesalahan sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan personal selling (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) Marble Art. Variabel iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan personal selling (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y) Marble Art. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 61,3% yang dimana variabel terikat dalam penelitian ini dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 61,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dilakukan dalam penelitian ini.