ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PERSEPSI KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN HOTEL JW MARRIOTT SURABAYA
Abstract
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PERSEPSI KONSUMEN YANG
MEMPENGARUHI PEMILIHAN HOTEL JW MARRIOTT SURABAYA
JW Marriott Hotel Surabaya adalah salah satu hotel bintang lima di
Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor persepsi konsumen
yang mempengaruhi pemilihan hotel JW Marriott Surabaya. Populasi dalam
penelitian ini adalah para konsumen JW Marriott Surabaya yang tidak diketahui
jumlahnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data primer
yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui kuesioner. Model penelitian
adalah analisis faktor konfirmatori.
Hasil penelitian adalah terbentuk empat faktor baru yaitu faktor perhatian,
faktor kebutuhan yang searah, faktor kesediaan dan harapan, serta faktor stimulus.
Faktor perhatian terdiri dari atribut produk, dorongan emosional, kompetitor dan
situasi pemakaian. Faktor kebutuhan yang searah terdiri dari perilaku, dorongan
sosial, janji perusahaan dan situasi pembelian. Faktor kesediaan dan harapan terdiri
dari kepercayaan, dorongan dari dalam, opini teman, dan situasi komunikasi. Faktor
stimulus terdiri dari dorongan, tujuan, sensori, dan citra merek. Keempat faktor
tersebut mewakili sebesar 80,51% dari 17 elemen yang ada.
