FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK KEPUTUSAN PEMBELIAN AKSESORIS INDIE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian aksesoris indie. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4). Produk memiliki empat indikator yaitu aksesoris indie memiliki ciri khas produk dalam segi desain, keunggulan produk aksesoris indie memberikan manfaat pada aktivitas konsumen sehari-hari, desain produk aksesoris indie sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, kualitas produk aksesoris indie terjamin. Harga memiliki dua indikator harga aksesoris indie bersaing dengan harga produk sejenis lainnya dan harga aksesoris indie sesuai dengan kualitas produk. Promosi memiliki tiga indikator yaitu promosi aksesoris mudah dipahami dan diingat, promosi aksesoris indie sering dilakukan dan promosi aksesoris indie menarik. Tempat memiliki dua indikator yaitu tempat penjualan aksesoris indie mudah dijangkau dan tempat penjualan aksesoris indie startegis. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori. Populasi pada penelitian ini adalah orang yang pernah membeli produk aksesoris indie. Sampel yang dipakai berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa faktor pertama yang pembentuk keputusan pembelian aksesoris indie yaitu harga dengan indikator harga aksesoris indie sesuai dengan kualitas produk, diikuti oleh tempat dengan indikator tempat penjualan aksesoris indie terjangkau, diikuti oleh promosi dengan indikator promosi indie sering dilakukan, dan yang terakhir adalah produk dengan indikator keunggulan aksesoris indie memberikan manfaat konsumen pada aktivitas sehari-hari.