PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIESOA
Abstract
Miesoa perlu meninjau hal-hal yang dapat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan dan kualitas produk perlu ditinjau terkait pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu: kualitas layanan (X1), kualitas produk (X2) dan kepuasan konsumen (Y). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil para konsumen yang pernah melakukan pembelian lebih dari satu kali di Miesoa dan merupakan konsumen yang tergolong dalam pola business to consumer sebagai sampel. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan secara keseluruhan penelitian ini melibatkan 54 orang responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dan pengujian datanya menggunakan program SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Miesoa.