ANALISIS MINAT MAHASISWA TERHADAP USAHA KEDAI KOPI DITINJAU DARI FASILITAS, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
ANALISIS MINAT MAHASISWA TERHADAP USAHA KEDAI KOPI DITINJAU DARI FASILITAS, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa dalam mengunjungi kedai kopi bagi keberlangsungan usaha kedai kopi. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dengan informan dan dokumentasi hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Kedai kopi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Jokopi, Pesenkopi, dan Kopi Lain Hati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap kedai kopi mempunyai cara tersendiri untuk menarik minat mahasiswa dalam berkunjung. Mahasiswa memiliki gaya hidup nongkrong dan mengerjakan tugas, dan dipilihlah kedai kopi sebagai sarana. Mahasiswa mengunjungi kedai kopi berdasarkan harga, rasa kopi, tempat, dan fasilitas dari kedai kopi tersebut. Mahasiswa merasakan kepuasan kepada kedai kopi yang mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa, karena kepuasan itu mahasiswa memutuskan melakukan kunjungan dan pembelian ulang. Tingginya minat mahasiswa dalam mengunjungi kedai kopi berpengaruh pada angka penjualan yang dicapai oleh kedai kopi. Saran penelitian ini agar setiap kedai kopi memperhatikan kebutuhan pelanggan dan memperbaiki kekurangan yang dimiliki.