PELUANG MAKANAN TRADISIONAL LONTONG ROOMO SEBAGAI CITY BRANDING KOTA GRESIK
Abstract
PELUANG MAKANAN TRADISIONAL LONTONG ROOMO SEBAGAI CITY BRANDING KOTA GRESIK
Lontong Roomo merupakan salah satu makanan tradisional khas Kota Gresik yang patut diupayakan menjadi City Branding Kota Gresik. Komponen yang terdapat pada makanan tradisional Lontong roomo adalah lontong, sayur, kerupuk, bubur roomo (sayur api-api atau bakau dan sayur alur), koya, dan sambal. Makanan tradisional Lontong roomo memiliki keunikan yang diharapkan menjadi salah satu penunjang masyarakat untuk mengonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang makanan tradisional Lontong Roomo sebagai City Branding Kota Gresik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan wawancara tatap muka secara langsung. Lokasi penelitian berada di Kota Gresik. Objek dari penelitian ini sendiri adalah masyarakat Kota Gresik, Dinas pariwisata dan kebudayaan Kota Gresik, penjual makanan tradisional Lontong Roomo serta kepala bagian Rumah Makan “Pak Elan II”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makanan tradisional Lontong Roomo memiliki peluang sebagai sarana City Branding Kota Gresik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil wawancara dengan para informan dan ditarik kesimpulan bahwa makanan tradisional Lontong Roomo memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dari makanan tradisional lainnya, namun fasilitas tempat dan lahan untuk sayur Lontong Roomo tersebut menjadi kendala yang dihadapi oleh penjual Lontong Roomo saat ini.
