PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PERUSAHAAN MISS A
Abstract
Miss A merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fashion, dimana produk yang dijual berupa pakaian, tas, dan aksesoris untuk wanita. Pada perusahaan Miss A tampak promosi dan kualitas produk menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Fenomena dalam perusahaan ini mendorong peneliti untuk mencari pengaruh dari promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan Miss A. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara simultan dan parsial variabel promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan Miss A.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang melakukan pembelian produk Miss A pada kurun waktu Januari 2013 hingga Juli 2013. Jumlah populasi yang digunakan yaitu sebanyak 150 konsumen Miss A, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 109 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini adalah promosi dan kualitas produk sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa promosi (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan Miss A (Y). Selain itu, promosi (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan Miss A (Y).