FAKTOR PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor persepsi kemudahan, manfaat dan kepercayaan terhadap minat penggunaan e-money pada mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 dan mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya sebagai subjek penelitian. Faktor persepsi kemudahan terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money. Sedangkan faktor persepsi manfaat dan persepsi kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-money. Persepsi manfaat memiliki pengaruh yang signifikan dan paling dominan terhadap minat penggunaan e-money. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak penyedia layanan aplikasi e-money untuk dapat menyediakan booth isi ulang saldo e-money di tempat-tempat yang sering menggunakan transaksi dengan e-money agar dapat mempermudah penggunannya dalam melakukan isi ulang.