DAMPAK FOOD BLOGGER TERHADAP MONOPOLE DAN CATURRA ESPRESSO
Abstract
DAMPAK FOOD BLOGGER TERHADAP MONOPOLE DAN CATURRA ESPRESSO
Monopole dan Caturra Espresso merupakan kafe yang berada di Surabaya. Kafe ini didirikan oleh orang yang sama. Kedua kafe ini sempat diulas oleh food blogger. Pada saat ini, Monopole lebih ramai dibandingkan dengan Caturra Espresso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan food blogger pada Monopole dan Caturra Espresso. Walaupun sama-sama menggunakan food blogger, namun kedua kafe itu menghasilkan hasil yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menentukan lokasi penelitian di Surabaya saja. Peneliti menggunakan wawancara sebagai upaya untuk mengumpulkan data. Peneliti mewawancarai pemilik Caturra Espresso dan Monopole, pakar restoran, food blogger, dan konsumen Caturra Espresso dan Monopole. Triangulasi peneliti gunakan sebagai cara untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi food blogger, food blogger tidak dapat memengaruhi kesuksesan kafe. Bagi pakar dan pemilik restoran, food blogger juga tidak memengaruhi kesuksesan kafe. Bagi konsumen, ada beberapa yang mengatakan food blogger memengaruhi konsumen datang, namun mayoritas mengatakan food blogger tidak memengaruhi kesuksesan kafe. Hal yang memengaruhi kesuksesan kafe adalah kualtias makanan, minuman, pelayanan, dan hal-hal lain selain food blogger.
